Arti Warna dan Pengelompokan Warna

Karakter warna, arti warna, warna

Masih inget waktu gue bilang  " kenapa rumah sakit warnanya putih, kenapa lampu bangjo warna merah kuning ijo?.. kenapa pantat aku sakit om ?.."

Itu karna secara gak sadar dan gak kita ketahui warna punya arti masing-masing dan melalui warna kita bisa tau karakter umum seseorang looh.. gak percaya? ya udah langsung tancaap!!

Merah    

Warna ini adalah warna favorit admin.. warna merah berarti berani, semangat, kuat, dan cinta tetapi juga punya arti peringatan/bahaya.

Biru    

Warna biru berarti Kejujuran, pandangan yang luas, kedamaian, ketenangan, keseimbangan. Biasanya orang yang suka warna biru, orangnya selalu kalem.

Hijau    

Warna hijau melambangkan penyembuhan, keajaiban, kesuburan, pertumbuhan, muda, kesuksesan materi, pembaharuan, daya tahan dan kesejukan. Sekarang tau kan kenapa kalo liat pemandangan alam jiwa dan hati menjadi sejuk. dan ini warna ini cocok buat penyembuhan orang yang lagi sakit.

Putih

Warna putih menunjukkan spiritualitas, keperawanan atau kesucian, kesederhanaan, kesempurnaan, kebersihan, cahaya, persatuan. Warna putih cocok untuk memberi kesan kesederhanaan dan kebersihan.

Hitam    

Warna Hitam melambangkan perlindungan, pengusiran, sesuatu yang negatif, mengikat, kekuatan, formalitas, misteri, ketakutan, kejahatan. Cocok banget untuk menambahkan kesan misteri. " I smell something evil over here.. "

Kuning    

Melambangkan matahari, ingatan, imajinasi logis, energi sosial, kerjasama, kebahagiaan, kegembiraan, kehangatan, loyalitas, tekanan mental, persepsi, pemahaman, penghianatan, kecemburuan, penipuan, kelemahan, penakut, aksi, idealisme, optimisme, imajinasi, harapan, musim panas, filosofi, ketidak pastian, resah dan curiga.

Pink    

Warna favorit cewek ini melambangkan simbol kasih sayang dan cinta, persahabatan, feminin, kepercayaan, niat baik, pengobatan emosi, damai, perasaan yang halus, perasaan yang manis dan indah. Cute cute gituu,..

Ungu    

Menunjukkan pengaruh, pandangan ketiga, kekuatan spiritual, pengetahuan yang tersembunyi, aspirasi yang tinggi, kebangsawanan, upacara, telepati, empati, arogan, intuisi, kepercayaan yang dalam, ambisi.

Orange    

Menunjukkan kehangatan, antusiasme, persahabatan, pencapaian bisnis, karier, kesuksesan, kesehatan pikiran, keadilan, daya tahan, kegembiraan, gerak cepat, sesuatu yang tumbuh, ketertarikan, independensi. Pada Blog dapat meningkatkan aktifitas mental. Disamping itu warna Orange memberi kesan yang kuat pada elemen yang dianggap penting.

Coklat    

Menunjukkan Persahabatan, kejadian yang khusus, bumi, pemikiran yang materialis, reliabilitas, kedamaian, produktivitas, praktis, kerja keras. Warna coklat sangat tidak menarik apabila digunakan tanpa tambahan gambar dan ornamen tertentu, coklat harus didukung ornament lain agar menarik.

Abu-abu    

Mencerminkan keamanan, kepandaian, tenang dan serius, kesederhanaan, kedewasaaan, konservatif, praktis, kesedihan, bosan, profesional, kualitas, diam, tenang.

Pengelompokan Warna-Warna

Warna Primer

Warna primer adalah warna-warna dasar dan belum dicampur dengan warna lain. Pada awalnya, para manusia mengira bahwa warna primer terdiri dari warna merah, kuning, dan hijau. Tapi pas diteliti lebih lanjut ternyata tiga warna primer itu adalah merah, hijau, biru.

Warna Sekunder

Warna Sekunder adalah hasil campuran dari dua warna primer. Contohnya tiga warna primer merah, hijau, biru yang selanjutnya dikenal dengan RGB dan bila digabungkan dalam komposisi tertentu akan menghasilkan berbagai macam warna.
contoh warna sekunder:

Hijau X Kuning menjadi Kuning
Merah X Kuning menjadi Jingga
Biru X Merah menjadi Ungu

Warna Tersier

Warna Tersier adalah kombinasi warna sekunder dengan warna primer.
contoh warna tersier :
merah X orange menjadi Vermilion
Kuning  + orange= kuning orange (golden yellow)
merah X ungu menjadi Magenta
ungu X biru menjadi Violet

 Warna netral

Warna Netral adalah warna-warna yang tidak lagi memiliki kemurnian warna atau dengan kata lain bukan merupakan warna primer maupun sekunder. Warna ini merupakan campuran ketiga komponen warna sekaligus, tetapi tidak dalam komposisi tepat sama.

Warna kontras atau komplementer

Warna Kontras adalah warna yang memberi kesan berlawanan satu dengan lainnya. Warna kontras bisa didapatkan dari warna yang berseberangan (memotong titik tengah segitiga) terdiri atas warna primer dan warna sekunder. Tetapi tidak menutup kemungkinan pula membentuk kontras warna dengan menolah nilai ataupun kemurnian warna. Contoh warna kontras adalah merah dengan hijau, kuning dengan ungu dan biru dengan jingga.

Warna panas

Warna panas adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari merah hingga kuning. Warna ini melambangkan riang, semangat, marah dll. Warna panas memberi kesan jarak yang dekat.

Warna dingin

Warna dingin adalah kelompok warna dalam rentang setengah lingkaran di dalam lingkaran warna mulai dari hijau hingga ungu. Warna ini melambangkan beku, sejuk, nyaman dll. Warna dingin memberi kesan jarak yang jauh.

Sampe sini dah paham?

Oke gua dah ngerti tentang warna tapi gimana cara make warna biar yang enak dilihat min?

kamu bisa baca disini Tips menggunakan warna dalam desain elementer

-fin-
Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
DJ AFIP
AUTHOR
December 4, 2014 at 2:56 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Alamanda
AUTHOR
January 19, 2015 at 9:28 PM delete

Ane mau nanya nih gan, kalau tim SAR kenapa pakai seragamnya orange ya gan? Kenapa gak warna merah aja biar pas butuh direscue lebih mudah keliatan. Hehe. Nice info anyway, gan ^^

Reply
avatar
Pandhu Weni
AUTHOR
August 26, 2015 at 8:38 PM delete

Bermanfaat segaligus nampar ane, gan. Ane suka warna biru tapi kok pecicilan ya? itu teorinya yang salah apa emang anenya yang termasuk bocah 'exeption'. Sedih gan T.T. Jangan - jangan ane sebenernya manusia bulan (*lho?)
Btw, nice article (y)

Reply
avatar