Pengertian dan Dasar-Dasar Desain Elementer

pengertian dan dasar-dasar desain elementer, Maungampus.blogspot.com


Di matakuliah ini gue pengen bisa ngedesain sesuatu yang indah,.. sebenernya gue udah punya sesuatu yang indah, tapi dasar gue yang bodoh kesempatan memiliki yang indah udah ilang karna udah dimiliki orang lain.

Desain Elementer itu apa sih ka'?
" Jadi lo gak tau Desain elementer itu apa? Ciyus? Miapah?.." Oke gue stop joking.. Desain Elementer itu adalah ilmu tentang dasar-dasar seni rupa yang mempelajari unsur dasar seni rupa seperti garis, bentuk, tipografi, warna dan juga mempelajari strategi penyusunan tata letak agar dapat dinikmati mata secara maksimal.

Di mata kuliah ini lo akan belajar tentang tata letak, warna, tipografi dan buat lo yang belum tau,.. Blog Mahakeren dan superduper dashyat ini adalah hasil dari proses belajar gue tentang desain elementer,.. hehehehe :P

Kenapa musti belajar tentang desain elementer ka'?
Nih sekadar contoh, kenapa warna cat rumah sakit itu putih? kenapa gak ijo, biru atau merah? kenapa lampu bangjo merah,kuning, ijo,.. itu semua gak lepas dari yang namanya desain elementer. Tata letak yang ada pada windows 98 di komputer lo juga gak lepas dari namanya desain elementer.

Gua harus mulai darimana ka'?

Gampang vrroh.. lo bisa mulai dengan mempelajari elemen-elemen dasarnya dulu kayak di bawah ini:

Titik
Titik menurut gue adalah materi terkecil dari sebuah objek, titik gak punya ukuran, panjang, dan bukan patrick.. titik bukan termasuk jenis instrumen musik. Titik juga nggak punya dimensi.

Garis
Garis adalah kumpulan dari bentuk titik, tidak memiliki ujung dan tidak terbatas. Garis itu menjadi batas/limit dari sebuah objek. menurut bentuknya limit dibagi menjadi 2 yaitu :

1. Garis Nyata : Garis hanya sebuah goresan
2. Garis Semu : Garis menjadi sebuah batas/limit dari suatu objek

Kalo mau lebih tau tentang garis Lo bisa baca: Garis dalam desain elementer

Bidang
Bidang adalah suatu bentuk objek 2 dimensi yang dibatasi oleh garis, memanjang dan melebar terus-menerus ke semua arah, bidang tidak memiliki ketebalan. Dan yang jelas benda 2 dimensi nggak ada di dunia nyata.


Ruang
Ruang adalah adalah daerah 3 dimensi tempat dimana objek dan peristiwa terjadi. dan ruang gak terbatas.

Warna
Warna adalah pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan suatu objek.
Idup lo kelabu? Mau idup lo lebih berwarna?? Penasaran sama warna??
lo bisa baca: 
Tips menggunakan warna dalam desain elementer
Arti Warna dan Pengelompokan Warna

Tipografi
Tipografi adalah ilmu yang mempelajari memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat membuat pembaca merasakan kenyamanan membaca secara maksimal.

Makin penasaran?? lo bisa baca : Tips jenis tipografi/tulisan yang enak dibaca

-fin-
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
DJ AFIP
AUTHOR
October 30, 2014 at 8:28 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar