Persiapan Lo Buat Naik Gunung

Buat kamu yang mau naik Gunung

Hasrat haus akan bau adfenture (sok inggris..Wooy f-nya dibenerin tuh!! yang bener itu adpenture!!) sebenarnya udah ada sejak gue dilahirkan ke dunia yang fana ini. Ini cerita tentang perjalanan gue sama temen ngampus berlima, 4 cowok 1 cewek, mendaki gunung Merapi vrrooh,.. tapi karena kurangnya pengalaman dan persiapan (waktu itu,. pertama kalinya gue naik gunung..) banyak kejadian tak terduga yang gue alami..

Dan ini persiapan yang musti lo bawa kalo mau naik gunung biar gak mengalami kejadian kayak gue.. langsung yang pertama!!

Harus tau rute

Salah satu kejadian yang sering gue alami.. Tersesat. Gue sering tersesat.. tersesat di Kampus, trus gue tanya sama mahasiswa sana eh.. malah ditawarin MLM, gue juga pernah tersesat di Ancol, tersesat di Stasiun, dan yang terakhir gue tersesat di hatimuu~ :P, Untungnya masih ada temen gue yang inget rute.. gue terselamatkan fiuuh.. :)

Bawa tas Backpack
jangan bawa tas ini..

Ini penting!!! bawa tas backpacker atau minimal tas ransel. Jangan bawa tas belanja punya mama, nanti dimarahi mama terus dimintain pulsa 100ribu, mau? Makanya bawa tas backpack aja dan sesuaikan dengan ukuran lo.

Jas hujan

Lo nggak mau kan.. lagi asik mendaki.. Hujan datang mengguyur deras.. Lo basah dan CD lo ngejiplak,.. Lo lari-lari terus ngelihat sebuah rumah dan berteduh disitu, sambil ngeringin baju dan celana seraya pake CD doang, Lo sama temen dibantai satu-persatu sama psikopat yang ada dirumah itu.. Loh kok jadi horror dan hina gini ceritanya..?

Makanya supaya lo gak mengalami kejadian diatas, Jas hujan wajib lo bawa buat jaga-jaga kalo ujan... Tapi kalo menurut gue pribadi, Jangan mendaki disaat musim hujan, sebaiknya di musim kemarau aja, soalnya waktu kemarau gak ada ujan.

Gue gak salah kan??

Tenda

Tenda juga perlu dibawa buat istirahat. Jangan pikir disana bakal ada penginapan, losmen, atau hotel bintang 5. Kecuali kalo lo ninja. Soalnya gue percaya ninja bisa tidur diatas pohon, berjalan diatas air dan punya sharingan.. Gak percaya? tatap mata gue...!!
Bawa tenda buat 2/3 orang atau sesuaikan kebutuhan. Kalo gak punya, lo bisa nyewa biasanya ada kok..
Di jogja biaya sewanya sekitar Rp.35.000-Rp.45.000 /hari per tenda.

Dan jangan lupa dibungkus plastik. Pengalaman gue dulu.. tendanya gak dibungkus dan pas mau dipake, tendanya basah kayak abis kecebur.. mungkin kena embun dan kabut (kan.. embun dan kabut mengandung air) di gunung atau mungkin tenda yang gue bawa diludahin, dikencingin dan dizhalimi setan selama perjalanan. Dan inget bawa tenda buat camping.. Jangan tenda kayak gini:

Pake tenda ini biar greget..

Air dan makanan

Disana juga gak ada restoran, warung dan angkringan. Jadi bawa makanan yang manis kalo gak punya lo bisa bawa foto gue yang super manis ini buat temen makan dan air putih 1,5 liter (bawa 1 galon juga boleh..) Gak usah bawa sup jagung manis bikinan mama, gulai atau kare (terserah lo sih.. kalo gak repot) dan di beberapa gunung gak ada sumber air. Makanya lo kudu hemat air. Simpen buat persediaan cebok.. kalo lo tajir lo bisa pake softdrink buat cebok.

Mainan

Ini salah satu cara untuk membunuh rasa bosan pas istirahat, dan mainan yang gue maksud itu semacam kartu remi, UNO, kelereng, QQ dan siapin duit biar tambah asik. Gak usah bawa Robot Gundam kesayangan, PS4, XBOX ONE, Nintendo WII atau sebenernya terserah lo juga sih... :v

Obat P3K

Ini akan kepake banget kalo ada partner lo yang terluka ketika mendaki, entah bokongnya lecet, lehernya kejepit batu atau sang garudanya kejepit resleting dan berteriak kayak indian habis dapet buruan..Ololololo dan buat cewek yang belum tau, rasanya kejepit resleting itu periiih, seperih diriku ditinggalkan hatimu~:P dan pasti lo juga udah tau kalo yang satu ini wajib dibawa.

Kenalan ke Sesama Pendaki

Kenalan itu perlu buat menjaga silahturahmi sesama jomblo pendaki. Supaya kalo ada apa-apa bisa saling ngebantuin... Waktu itu gue kenalan sama pendaki dari Solo.

Gue mulai duluan

" Kenalin,.. saya dhika dari jogja dan saya jomblo,.."
" Oh saya Budi dari Solo.." Masnya mulai ilfeel..
gue lanjut tanya:

   
" Mau naik gunung Merapi ya mas?.."
" Enggak,.. mau nyebur ke Parang Tritis!!"


Dan mas-mas itu menjauh.. Gak mau ngeliat muka gue lagi.. Sampe sekarang..

" Kata lo ada kejadian tak terduga, apa itu ka' ?"

Penasaran amat sih lo.. oke gue dongengin nih..

Ujan mulai mengguyur deras ketika motor gue dah lepas 1 km dari jogja.. Mungkin Jogja nggak rela gue tinggal pergi.. "its okay honey,. I'll be back soon" sambil sun jauh.. Muwah muwah. Gue copot sepatu dan ganti pake sandal trus pake jas ujan dan lanjutin perjalanan.

Seperti cerita yang diatas tadi, gue tersesat.. tersesat dalam lautan luka dalaam. Udah tau gue orangnya suka lupa jalan malah disuruh di depan. Rasain gue sesatkan jalan kalian..

Naik motor sambil ujan-ujanan di gelapnya malam gak nurunin semangat gue buat ke Merapi.. vroum vrouum..

Jam setengah sepuluh malem dan tinggal beberapa kilo lagi nyampe basecamp.. kita mampir dulu ke cafe doubleyu (baca: Warung). Semua barang-barang ditaro' di warung.

Kejadian Tak terduga Pertama

Abis makan, istirahat dan foto alay bentar, kita lanjut jalan.. Selama sisa perjalanan gue merasa ada sesuatu yang aneh. Tapi gak terlalu gue pikirin..
Jam 11 malem nyampe di basecamp Merapi.. kita istirahat lagi sambil kenalan ke sesama pendaki lain dan gue masih kepikiran sesuatu yang aneh tadi.

Jam 11.30 mulai siap-siap berangkat dan gue mulai menyadari sesuatu yang aneh itu ternyata.. SEPATU GUE ILANG!!! Seketika Gue panik, gue bingung, napas gue sesak.. nggak.. gue nggak lagi horny..

Gue cari dimana-mana, gue cari di motor kali aja kejepit di ban,.. tetep GAK ADA !! Gak mungkin gue naik Merapi tanpa sepatu.. lo pasti mikir. Kenapa gak diulang aja kejadian dari warung tadi sampe basecamp mungkin aja sepatunya jatuh dijalan?.. that's right!! Gue ulangin lagi perjalanan dari warung makan sampe basecamp sama temen, berdua naik motor.. Romantis ya ka'?
Romantis titit lu,.. Romantis kagak Horror iya!!

Gelapnya malam, sepinya jalan, ujan juga masih turun.. suasana angker di sepanjang jalan bikin gue agak merinding, mau kentut aja susah dan abis muter-muter 2 kali, liat kanan kiri.. Tetep gak ketemu.. :(

Gue dah putus asa.. mungkin gue harus ngerelain sepatu itu dipake dhemit.. :(

Pesen gue: Selalu cek barang bawaan lo!

Kejadian tak terduga yang ke Dua

kita balik ke basecamp..

Sampe depan gardu Selamat Datang (gardu ini kira-kira jaraknya 1 kilo dari basecamp)
Motor temen mulai brenti.. ckkiitttt

" Wuh,. kenape Bro?.."
" hehe.. ka' bensine kaya'e abis.."
" Wah.. gila!! disaat kaya gini malah brenti.."

Kenapa gak cari bensin ka'?

Cari abang penjual bensin? Nggak ada yang jualan bensin di sepanjang jalan yang gelap dan angker ini vrroh dan waktu itu jam setengah 12 malam, masih ujan pula. Terpaksa kita dorong motor sampe basecamp..

Mulai nampak rumah warga Merapi dipinggir jalan..

Kita ketok tiap rumah yang depannya ada jualan bensin eceran.. Still No Respon! Entah mereka emang udah tidur atau takut gara-gara tengah malem ada yang ketokin pintu pake suara nangis-nangis meringis.. padahal itu gue.. udah gak kuat dorong..

Untung ujan mulai brenti.. dan lo tau gak? jalan dari gardu ke basecamp itu miring 50 derajat.. Kampret. Beneran.. gue dorong motor dari belakang dan temen gue pegang stang. Akhirnya nyampe basecamp.. paha gemeteran, kaki lemes, tangan gue pegel.. gue capek.. gue capek sebelum mulai pendakian. F*ck..

Pesen Gue: Selalu isi bensin dimanapun lo berada!

Jam 12 malem.. Kita tetep lanjutin pendakian.. Gue pake sandal kayak gini:


Pendakian ini makan waktu sekitar 6 jam..

Dan ini foto waktu gue sampai di ketinggian 3000m diatas laut dan waktu itu pas sunrise 05.59WIB :

Maungampus, Mau ngampus, naik gunung
keren kan.. :)

Ya itu salah satu jepretan gue mendekati puncak..
Gue gak lama-lama.. istirahat bentar sambil menikmati alam.. capek gue ilang..
 
Kejadian tak terduga yang ke Tiga

Ternyata perjalanan pulang lebih cepet cuma 3 jam.. Saking semangatnya gue lupa kalo temen-temen tertinggal dibelakang..
Kita jadi terpencar

Gue jalan sendirian, dipikiran gue " Apapun jalannya intinya kita cuma harus turun kan?..  Toh nanti juga ketemu di basecamp.."

Gue yang pertama nyampe basecamp.. 2jam, 3jam gue nunggu. Mereka gak nongol-nongol.. awan mendung gelap, ujan mulai turun lagi.. gue mulai panik.. gue harus nyari mereka. Mungkin mereka tersesat.. Penyakit gue bisa nular ya? Gue bingung harus bilang apa sama para orang tua.

" Maaf.. sepertinya anak ibu diambil sama dhemit merapi.."

Gue harus nyusul mereka..
Baru nyampe di New Selo.. Gue lihat segerombol orang pake seragam lagi ngobrol-ngobrol sama temen gue..


Singkat story..
Ternyata temen gue yang cewek kakinya sakit gak sanggup jalan, untung waktu itu team LowoRescue lagi berpatroli mlototin temen gue bentar dan langsung menolong.. trus dia digendong turun sampe New Selo.

Mas Lowo rescue " Temenmu gak papa, ini memang udah biasa kok.. jangan kapok naik merapi ya.."
" Iya mas.. Makasih, maaf malah ngrepotin"
Satu lagi yang biasanya dialami para pendaki pemula, tumit lecet. Itu yang dialami temen gue tadi. untuk mengakali itu sebenarnya gampang,.. Selipin kapas di sepatu di bagian tumitnya.

" Tapi ka' gue lupa gak bawa kapas.. " kalo lo lagi mendaki sama cewek.. plorotin roknya, rampas CDnya , ambil dan pake pembalutnya buat ganti kapas.. Beres.


Akhirnya kita pulang dengan perasaan legaa.. fiuuh.. :)

Pesen Gue: Selalu bersama apapun yang terjadi!! 

Selain itu gue juga sempet bikinin filmnya... ini cuplikan-culikan perjalanan gue yang  digabungin jadi ceritanya beda.. Elo bisa liat disini:




Gimana? mata lo gak kenapa-kenapa kan..? masih ada dua kan?.. ato Editannya Jelek? Biariin..
Anyway gue mau ngucapin  

Makasih buat Team LowoRescue udah nyelametin teman kami.. Sukses selalu  N thanks for YOU watching my videos..

-fin-
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments