Mari Kurangi Pembajakan dan Pakai ORIGINAL

Salam Pak Tani!! Anjay... apa kalian tau kalo lebih dari 50% rakyat Indonesia kita yang tercintah ini, menggunakan software bajakan?

Gue masih inget, waktu SMP dulu gue suka beli game dari abang-abang di pinggir jalan, murah sih cuma Rp 2500 doang per keping CD. Game-nya waktu itu NFS-Most Wanted atau Butuh Cepet - Dicari-cari. Itu game paling keren yang pernah gue mainin setelah GTA San Andreas, God of War, Prince Of Persia dan belasan game lainnya. Waktu itu masih pake CD.

Trus gue juga sering ke warnet, yang ngantrinya bisa berjam-jam, buat download lagu-lagu hits di jaman itu kayak Radja, PeterPan, Dewa dan masih banyak lagi di situs setapa ben. Dan kegiatan itu trus berlangsung sampe gue kerja. Haha lama banget yak

Gue baru sadar kalo pembajakan itu adalah SALAH pas iseng-iseng buka forum di kaskus, Oh ya?
Yang pertama, gue baca software-software/game-game bajakan ketika di install akan similar dengan menambahkan crack, keygen, patch dan macem2nya yang kadang dianggap virus di PC kita. Menurut gue its oke-lah kalo lo gak pernah online, tapi ya tetep aja dosa sih karena membajak sama dengan mencuri. :P

Crack, patch itu akan berbahaya kalo ternyata di dalamnya di sisipkan program kecil yang mungkin bisa membuat si Pencipta Crack itu masuk ke komputer kita via online, ngambil file-file video bokep penting kita atau bikin PC kita nge Hang, Blank, atau merekam semua yang kita inputkan dari keyboard kayak password dan username internet banking kita. Wiiih mulai serem-serem spooky gitu kan?

Menurut gue yang membatasi kita dari membeli ORI itu ada dua:

Gue pengen pake original tapi gak punya duit?

Nah ini problem rakyat Indonesia kita yang tercintah ini. Pendapatan yang gak memungkinkan untuk membeli original. Hal ini sebenernya bisa di atasi pake software gratisan misalnya mengganti OS Windows dengan Linux, Winrar dengan 7-zip, dan lain sebagainya. Bahkan windows pun sekarang udah bisa melakukan format zip loh, cukup klik kanan folder trus sent to compressed zip folder.

Kalo gue pribadi, biasanya googling dulu "best free software alternative [Winrar]". Gue cari yang downloadnya terbanyak atau review-nya paling bagus. Sejauh ini sih game-game gue ori, kalo software masih belum. Hehehe. Atau ya nabung dulu sampe kebeli, jangan sampe jual ginjal ya.

Gue pengen pake original tapi gak punya kartu kredit dan gak tau cara bayarnya?

Ya ini juga masalah gue sebelumnya, gue pengen banget beli game/software original. Beruntunglah kita di tahun 2017 perkembangan teknologi di Indonesia sudah sangat maju, kita bisa googling untuk nyari reseller atau distributor yang menjual software yang kita idam-idamkan. di Tokped atau di BukaLapak dengan harga cincay-nya biasanya menyediakan seller-seller yang jual software maupun game ori. Atau dengan cari jasa beli software di kaskus. Kalo mau lebih enak sih ngurus kartu kredit ajah.

Gue gak mau sok sucih dan kalian penuh dosah, Gue kadang masih suka download bajakan untuk film dan lagu-lagu. Wkwkwk, tapi kalo software atau game-game gue selalu usahakan untuk make yang Ori atau Gratisan.

Kalo game biasanya gue nyari-nyari di tanggal penuh diskon kayak summer sale dan winter sale di Steam, Black Friday, dan hari ulang tahun developer2 game. Trus gue juga nyari harga-harga termurah di bundlestar dan humble bundle. Untuk satu game aja gue musti nabung 5 bulan. dan gue harus pastiin juga kalo itu game bakal sepadan untuk dibeli dan dimainkan.

Trus enaknya pake ori apah?

Hmm.. enaknya sih kita gak perlu khawatir bakal kenapa2 di PC kita, installnya pun lebih gampang. dan pikiran kita lebih tenang. Kita bakal di kasih update-update supaya software lebih optimal di PC, bisa main game secara online juga.

Gue juga kadang beli di playstore google untuk buku yang udah susah nyarinya. Pembayarannya bisa di potong via pulsa.

Intinya sih, jaman sekarang udah lebih mudah untuk beli-beli software original karena teknologi yang semakin pesat. Justru keamanan dan privasi yang menurut gue sangat penting saat ini.

Bayangin aja kalo ada yang menyusup ke laptop kita, trus ngambil semua info termasuk password-password yang mungkin tersimpan di browser dan mengambil semua saldo di bank kita. Itu baru satu contoh kecil belum lagi kalo mungkin dia ngirim email gak bener ke boss kita. Bisa di pecat tuh!!

Gimana? mari kurangi pembajakan dan pakai ORIGINAL.
Latest
Previous
Next Post »