Rasanya Kuliah di UI Fasilkom Ekstensi Part 2


Gimana rasanya kuliah UI Fasilkom Ekstensi? Yang jelas capek banget. udah.

Wkwkwk.. oke ngelanjutin dari yang kemarin. Jadi perkuliahan gue di mulai di bulan Spetember, 3 hari sebelum bener-bener kuliah kita dikasih OSPEK. Tapi gak perlu kuatir, ospeknya gak serem kok, kita cuma dikasih pengarahan, Ospeknya di malam hari kok.

Di hari pertama itu kita di kasih pengenalan seputar perkuliahan, SKS yang musti ditempuh, jam berangkat dan pulang kuliah yaitu jam 7 malam sampe jam 9.30 malam WIB, aturan-aturan, lama perkuliahan yang minimal 5 semester (Kalo gak ngulang) gak bisa lebih cepat. Ditambah dengan sambutan hangat dari kepala prodi dan kakak angkatan yang terancam cumlaude.

Di hari kedua dilanjutkan dengan orientasi penulisan, yaitu bagaimana cara menulis yang baik, dosennya yang ngejelasin enak, kalo ada pertanyaan, tanya aja.

Di hari ketiga dikasih orientasi presentasi, gimana caranya presentasi yang bener, dari materi sampe postur tubuh yang baik semua di ajarin tapi ya gitu, semua anak2nya pada sibuk main HP.

Catatan:
Kuliah di UI pakaiannya bebas, boleh pake kaos, celana dan sandal. Boleh juga main HP atau Laptop di kelas tapi ya tergantung sama dosennya juga sih.

Toleransi keterlambatan adalah 15 menit. Tapi ya tergantung dosen juga sih. Kalo lo beruntung dapet dosennya yang baik kadang datang jam 8 malam masih boleh masuk. Tipsen masih oke-oke ajah tapi ya tergantung dosen juga sih hahaha...

Ada satu lagi yang penting yaitu UJIAN MATRIKULASI. Kalo gak lolos di ujian ini maka dipastikan bakal kuliah lebih lama. Ujiannya ada 2 macam: ujian dasar-dasar pemrograman dan dasar-dasar arsitektur komputer. Jadi jangan santai-santai dulu ya.

Ngomong-ngomong soal matrikulasi, jika kita gak lolos materi matrikulasi 2 kali maka kita akan dapet hadiah drop-out. Aturan UI tentang drop out ini emang nyeremin:

1. Tiap 2 semester, minimal 18 SKS lulus. Minimal lolos adalah C kalo di nilai sekitar 55, jadi misalkan lo dapet 54.99 lo tetep gak lolos alias D. Makanya nyesek banget kan kalo kuliah satu tahun total SKS yang lo dapetin cuma 17 SKS. Siap-siap DO ajah.

2. Kalo kita gak lulus DDP dan DDAK (gue gak tau kalo yang sekarang, katanya DDAK diganti menjadi RO) sebanyak 2 kali maka kita akan DO juga.

3. Biasanya kalo kita terancam DO maka pihak UI bakal nelpon, kita disuruh memilih mau mengundurkan diri atau tetep milih DO. Jika kita milih mengundurkan diri, kita masih bisa ikut ujian masuk UI lagi tahun depan. Kalo DO ya kita bakal di BlackList dari UI untuk jenjang tersebut.

5. Kalo gak ganteng kayak gue, bakal DO juga.

6. nomor 4 gak ada.

7. Ngecek nomor 6 ya?

8. Katanya kita juga bisa ngambil kuliah di reguler yang siang hari untuk mengejar SKS.

Kalo gak lulus ujian matrikulasi, kita musti ngambil kuliah DDP dan DDAK. Yang DDP ini serem banget, 6 SKS setara skripsi! kalo yang DDAK masih lumayan lah. Trus dihari berikutnya dilalui dengan kuliah yang "menyenangkan", ternyata kuliahnya kadang pulang jam 9 lho. Mungkin dosen-dosen yang baik hati ini udah tau kalo kita capek banget kali ya. :D

Emang bener ternyata kerja sambil kuliah itu butuh manajemen waktu dan tenaga yang super sekalih pemirsah. Kerja jam 8 sampe jam 5 Sore belum lagi kalo disuruh lebur atau pergi ke luar kota sementara materi kuliah dan tugas makin menumpuk. Gila banget kan?!

Gue termasuk beruntung karena kantor yang deket, gimana coba sama temen2 gue yang kerja di Kuningan, sudirman atau bogor yang jauh banget itu.

Kuliahnya hari senin sampe jumat jam 7 sampe 9.30 malam, hari sabtu kita biasanya ada Tugas Lab yang biasanya pagi sampe sore. Maksimal SKS yang bisa diambil 21 ajah tergantung IP, tapi gue ngambil 18 aja udah ngos-ngosan.

Kuliahnya gimana?

Kuliahnya ya seru sih, dosen menyampaikan materi dengan baik dan lengkap tergantung dosennya juga sih... Ahay.

Di hari pertama dosen memperkenalkan diri, trus menjelaskan silabus perkuliahan dengan baik, rincian penilaian, tugas dan kuis yang ada di scele.

Scele ini penting banget jangan sampe terlewatkan! di Fasilkom UI, scele kita itu lebih eksklusif di bandingkan fakultas lain. Memiliki domain yang berbeda, namanya scele.cs.ui.ac.id.

Nah, semua informasi perkuliahan akan di infokan ke scele, dari materi kuliah, kuis online yang musti dikerjakan tiap minggu, tugas individu, tugas kelompok, kuliah kosong, hari libur, jadwal UTS dan UAS, konsultasi semuanya di upload di scele dan ini musti kita pantengin trus SETIAP HARI!

Nilai yang diberikan dosen juga bagus menurut gue, semuanya ada di materi kuliah, kalo kita gak belajar ya gak bisa ngerjain UTS dan UASnya.

Yang paling berat menurut gue itu adalah tugasnya, kuliahnya enak, duduk manis dengerin dosen nerangin, kadang diskusi abis itu kuis, tapi TUGASnya yang gile bener. Tiap minggu biasanya pasti ada tugas yang diupload di scele jam 23.55 malam waktu server scele. Tapi emang sih, ini semua dengan demi menjaga kualitas anak-anak UI juga, SALUT pake banget untuk dosen yang penuh dedikasi memberikan semua ilmunya untuk mahasiswanya yang pemalas banget ini :D

Gue rasa udah cukup tentang gimana rasanya kuliah di UI Fasilkom Ekstensi. Jika ada yang mau tanya, silahkan komen di bawah ya.
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Anonymous
AUTHOR
November 23, 2018 at 10:11 PM delete

ada sosmed buat tanya-tanya mas ?

Reply
avatar