Rasanya Kuliah di UI Fasilkom Ekstensi


Gimana rasanya kuliah di UI Fasilkom Ekstensi? Yang jelas capek banget. Udah.

Wkwkwk.. oke kali ini gue pengen ceritain buat yang berminat mau masuk UI Fasilkom dengan program Ekstensi. Jadi awal mula ceritanya gue adalah lulusan Diploma 3 dari universitas ternama di Djogja, Lulus kurang dari 3 tahun. Lalu fokus menganggur dulu 2 bulan sambil ngelamar2 kerja di Jakarta. Tiap malam gue berdoa supaya dapet kantor deket UI depok. And it works!!

Yup gue ketrima kerja dan kantornya deket kampus yang gue idamkan selama ini. Cuma setengah jam dari kantor untuk sampai ke kampus. Sembari kerja dan menabung, gue nyari2 info gimana caranya supaya bisa sukses masuk UI.

Pada waktu itu sekitar bulan Mei, UI pun mengumumkan tentang pembukaan program Ekstensi Fasilkom. Dengan syarat administrasi sudah berkerja minimal 2 tahun dan lulus ujian tertulisnya.
Langsung lah gue daftar, ketrima ya syukur, nggak ketrima ya udah nyoba tahun depan lagi. Gue daftar di simak UI, upload foto, ijazah dan surat keterangan kerja. Gue udah kerja sejak semester 4 waktu kuliah dulu jadi bisa pas 2 tahun.

Nggak kerja pun juga gak papa kalo kita ada usaha/jualan di bidang komputer, bahkan ada juga yang kerjanya jadi asdos selama 2 tahun dan itupun juga lolos administrasinya. Wow.


Di bulan Juli ujian tertulis itupun datang. Ujiannya di bagi menjadi 2 yaitu, Ujian TPA dan bahasa Inggris. Jam pertama adalah ujian TPA, gue agak lupa dengan penilaiannya dan durasinya. Tips dari gue:

1. Pakai baju rapi.
2. Jam tangan buat jaga-jaga kalo gak ada Jam di ruangan.


Ternyata yang nomor 2 bisa diabaikan, soalnya waktu itu dipapan tulis udah dikasih semacam Bar Chart untuk menunjukan durasi ujiannya berlangsung, setiap setengah jam bakal diupdate sama pengawasnya.

Ujiannya berupa di kertas dan dilingkari dengan pensil 2B jadi pastikan bawa pensil, rautan dan penghapus yang cukup, gak perlu bawa tatakan kertas jawaban, karena mejanya udah halus. Ikuti setiap instruksi dari soal ujian dan pengawas juga. Setiap halaman soal akan diberikan waktu tertentu untuk ngerjainnya. 

Ujian TPA-nya agak aneh gue rasa, soalnya gak ada kayak soal persamaan kata, anonim dan lainnya yang mencerminkan soal TPA tapi agak nyerempet2 TPA sih, smacam matematika dasar gitu.

Trus istirahat, dilanjutkan dengan Ujian Bahasa Inggris, wah ini yang bikin gue rada minder. Gue kerjain aja sebisanya. Soalnya susah? Banget menurut gue. Tapi ya gue nalar2 aja ngerjainnya, cobain satu-satu di tiap pilihannya, kalo rasa-rasanya cocok sama kalimat soalnya berarti bener hehehe.

Akhirnya Ujian Bahasa Inggris kelar. Gue pun masih berharap2 cemas apakah gue akan lolos sambil mijet-mijet leher saking pegelnya nunduk liatin soal. Akhirnya tiba pengumumannya di bulan Agustus gue rasa. Dan GUE KETERIMA!

Senang... Riang... hari yang kuimpikan 
- Sherina

Untung aja gue masih sadar dan gak teriak kegirangan soalnya pas lagi ikut rapat. Hahaha.
Ya udah setelah itu pengumuman untuk daftar ulang dan lain2 gue jalani dengan gembira.

Di akhir Agustus kalo gak salah, mulai daftar ulang dan ketemu anak-anak ekstensi yang lain. Mulai dari nyerahin ijazah, nyoba jas almamater, dan akhirnya kumpul sama yang lain. Anak2nya baik-baik, angkatan gue waktu itu sekitar 55 orang.

Trus bikin Grup WA dan saling kenalan, trus balik deh ke kantor lagi deh. lanjut ke part 2 aja yah, biar gak pegel bacanya.

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Aisyah
AUTHOR
July 7, 2018 at 9:09 PM delete

Kak mau tanya waktu dftar ulang pake ijazah asli atau fotokopi legalisir aja??

Reply
avatar